VMC Membuat Dunia Berpaling ke San Patrignano

Peternakan kuda yang dikembangkan San Patrignano, bertujuan untuk melakukan program pemulihan para pecandu narkoba dengan metode pendekatan pendidikan dan pelatihan cara merawat kuda balap. Dengan metode bermain sambil menggembalakan kuda, program pemulihan tanpa disadari telah berjalan.

Dalam beberapa tahun terakhir, San Patrignano Jumping Team telah berhasil mencapai prestasi hingga ditingkat dunia dengan menjadi juara di Olimpiade, World Championships, dan di semua kompetisi utama internasional, sehingga kuda-kuda San Patrignano dikenal dan dihargai di seluruh dunia. Kuda-kuda itu dipelihara oleh para pecandu narkoba yang telah melewati berbagai tahapan pemulihan dan mendapat pelatihan khusus tentang merawat kuda balap.

San Patrignano Jumping Team, didirikan oleh Vincenzo Muccioli awal tahun 1980-an. Selain untuk menarik pengunjung untuk datang ke San Patrignano, peternakan itu juga digunakan untuk mendukung pemulihan dan reintegrasi sosial pecandu narkoba.

Menurut Andrea Muccioli, hubungan antara manusia dan kuda bisa membantu mengatasi kesulitan para pecandu dalam membina hubungan interpersonal dengan orang lain yang sering diderita para penyalahguna narkoba. “Pada saat yang sama, juga memungkinkan anak-anak itu terlibat dalam sebuah tim untuk mendapatkan pelatihan lanjutan dan dihargai sebagai tenaga spesialis perawat kuda balap,” kata Andrea.

Kompetisi Internasional Berkuda di San Patrignano adalah salah satu yang paling bergengsi dan  bertaraf internasional.

Kesuksesan penyelenggaraan lomba balap kuda  di San Patrignano, tidak lepas dari ketekunan dan keseriusan mereka para pecandu narkoba, dengan keahliannya masing-masing mempersiapkan event bertaraf internasional itu. Mereka adalah pahlawan yang sebenarnya, berhasil menggelar lomba balap kuda tingkat internasional, dan berhasil membebaskan dirinya dari kecanduan narkoba. Semua ini adalah bukti bahwa mereka pecandu narkoba bisa lepas dan bebas dari kecanduan narkoba, dengan cara terbaik, melalui olahraga berkuda.

Berkat kesuksesan penyelenggaraan Vinzenco Muccioli Chalanger (VMC), menjadikan dunia menoleh ke San Patrignano, dan pujian pun banyak ditujukan pada anak-anak San Patrignano. “Ini adalah salah satu kompetisi  yang terbaik yang pernah dibuat di Eropa,” kata Andrea, menirukan ungkapan Direktur jumping Fei, John P Roche.

Kalau melihat piala-piala yang dipajang di etalase kantor, tidak saja hebat dalam menyelenggarakan kompetisi Vinzenco Muccioli Chalanger, tetapi juga menunjukkan bahwa  San Patrignano, memang aktif menyelenggarakan event-event, seperti pagelaran seni, turnamen berbagai olahraga, dan fasion show. Berkat kiprahnya itu,  San Patrignano dijuluki sebagai motor penggerak pembangunan wilayah di sekitarnya.

Selain memiliki peternakan kuda balap, di San Patrignano juga membangun sekolah berkuda bagi anak-anak, dengan instruktur anak-anak San Patrignano yang telah mendapatkan pelajaran sebagai pelatih dan instruktur menunggang kuda.

Francesca, Fabrizio dan Carmen adalah instruktur handal yang siap menemani setiap siswa untuk bertualang di punggung kuda.

“Bermain menunggang kuda dengan aturan-aturan yang sederhana seperti teknik memegang pelana dan mengikuti irama gerak dan langkah kuda dapat merangsang psychomotorik kegiatan anak. Semua atas nama kesenangan. Kursus berkuda ini sangat cocok untuk anak-anak di bawah usia sekolah,” tutur Andrea lagi.

Selain membangun sekolah berkuda, San Patrignano juga mempersiapkan Klinik untuk perawatan medis kuda-kuda yang mengalami cedera atau sakit. Saya melihat langsung klinik ini, hampir sama dengan ruang operasi sebuah rumah sakit pada umumnya. Klinik ini juga telah dilengkapi dengan alat yang serba canggih, dimana meja operasinya memanjang menyerupai letter U.

Selain itu klinik ini juga berfungsi untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan kuda-kuda. Sedangkan khusus untuk  klinik ortopedi yang menangani kuda-kuda balap, mereka melakukan kerjasama dengan pusat medis internasional di Roma.

Di San Patrignano juga mengembangkan peternakan anjing. Bermacam-macam jenis anjing berhasil dikembangbiakkan di San Patrignano, oleh anak-anak pecandu narkoba. Mereka menyilangkan beberapa jenis anjing sehingga mendapatkan keturunan jenis baru dengan bulu yang indah.

Anjing-anjing San Patrignano yang diikutkan dalam pameran di Italia dan di luar negeri, mereka selalu menjadi juara, kenapa, karena ditangani secara profesional oleh anak-anak mantan pecandu yang telah mendapatkan pendidikan merawat dan mengembangbiakan anjing-anjing seperti riesenschnauzer, Labrador dan Herder.

Dari medali yang dipamerkan, saya lihat bahwa anjing-anjing San Patrignano pernah dinobatkan sebagai juara pertama dalam championships di Portugal pada tahun 2001 dengan riesenschnauzer. Sebelumnya juga pernah memenangkan gelar yang sama pada tahun 1995.

San Patrignano Community adalah sesuatu yang mengejutkan. Saya merasa sangat beruntung bisa mengunjungi  San Patrignano. Disamping mendapatkan pengetahuan tentang terapi dan rehabilitasi, berbasis pendidikan secara unstructure learning. Disamping itu, saya juga mendapatkan gambaran bagaimana sebuah bisnis raksasa dengan puluhan perusahaan dapat diintegrasikan dengan pembangunan sosial yang dikendalikan oleh emosi dan spirit nirlaba.

Bagian 5 dari 6 tulisan perjalanan saya ke San Patrignano Community Italy

About anangiskandar

sabar itu indah sabar itu tanpa batas sabar itu jimat menghadapi ujian dunia sabar itu mata hati dalam menjalani kehidupan
This entry was posted in Narkoba. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s