Surat ke 3 kepada anak dan istri ku

Anak dan istri ku

Apa yang sudah kita raih dalam kehidupan ini ?

Mestinya kita arahkan perjuangan ini untuk meraih visi kehidupan kita yaitu selamat dalam perjalanan , sukses ditempat tujuan  alias meraih kebahagiaan di dunia dan dihari kelak.

Seperti apa kebahagiaan itu ? Ukurannya kebahagiaan itu kayak apa , seberapa besar kebahagiaan yang sudah bisa kita diraih sekarang ini , dan  bagaimana cara untuk memdapatkan kebagiaan secara terus menerus selama hidup didunia dan diakerat

 

Anak dan istri ku

Kalau kebahagian yang sumbernya materi dan investasinya jelas ukurannya.

Yaitu seberapa besar materi dan investasi yang kita miliki tapi kalau kebahagian yang sumbernya dari non materi tentu akan berbeda dan lebih mudah kita dapatkan , kayak apa ! non materi dapat menimbulkan kebahagiaan .

Yang jelas lebih mudah.

 

Kali ini saya jelaskan bagaimana kita dapat memunculkan kebahagiaan yang bersumber pada materi dan investasi . Untuk mencapainya diperlukan dukungan pengaturan keuangan yang memadai . Arus keuangan ibarat aliran darah kita yang menyebahkan kita hidup sehat

apabila ini terganggu dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu.

Oleh karena itu belajarlah yang sungguh sungguh tentang arus keuangan .

 

Anak dan istri ku

Hati hatilah kalau belanja

Belilah sebanyak banyaknya harta produktif , belanjalah makan untuk keluarga makanan yang bergisi dan rekreasilah yang cukup , nikmati kehidupan ini agar kita ketemu kebahagiaan yang kita cari sesuai tuntunan kita masing masing.

Tapi waspadalah terhadap barang barang konsumtif yang dapat membebani sikulasi aliran darah kita seperti  elektronik , perabot , busana dan rumah .

Kalau ini terjadi kita juga tidak pinsan atau sakit tapi hanya berpengaruh pada laju pencapaian target yang  kita raih dimasa depan ketika kita tidak produktif lagi .

 

Anak dan istri ku

Bila tiba saatnya , semua sumber penghasilan yang kita miliki akan berakhir , penghasilan dimasa depan masih gaib  , gaji yang kita terima tiap bulan akan diberhentikan karena kita mengakiri tugas atau pensiun  , yang ada hanya uang pangsiunan  saja.

Jangan tanya berapa jumlah pensiun kita .

Itu sebabnya saya ingin kita membeli barang produktif sebanyak yang bisa kita beli sebagai investasi untuk kepentingan masa depan seperti saham atau mendirikan usaha sesuai sumber daya yang kita miliki , emas dan deposito.

 

Anak dan istriku

Hati hati dengan hutang , karena ada hutang yang tidak memberikan keuntungan  bahkan cenderung merupakan beban karena besarnya beaya pemeliharaan seperti utang untuk membeli kendaraan karena ini jauh dari prinsip investasi yang pernah saya ajarkan .

Dan jangan hutang untuk hal hal memboroskan antara lain untuk membeli barang konsumtif yang merupakan kebutuhan tersier .

Saya mendorong hutang untuk tujuan membeli barang barang produktif agar dapat memberikan keuntungan buat kita baik langsung maupun keuntungan jangka panjang.

Silahkan hutang , pilih yang tepat .

 

Anak dan istri ku

Atur dan kendalikanlah pengeluaran rutin maupun eksidentil kita , jangan dibatasi jumlahnya tapi sesuaikan antara pengeluaran dan penghasilan kita .

Batasi pengeluaran tidak rutin jangan menyimpang dari eligment visi kehidupan kita

Jangan dilupakan  pengeluaran untuk berbisnis dengan Allah .

 

Anak dan istri ku

Kita hidup ini satu team , suatu saat kita berganti peran , bersiaplah dengan peran yang lain

Miliki payung , paling tidak asuransi untuk berjaga jaga apabila terjadi musibah yang datang secara tiba tiba  seperti kematian , kecelakaan , sakit dan rusaknya properti

 

Anak dan istri ku

Hidup itu tidak bisa diprediksi

Tulis tujuan antara kita , siapkan sumber dananya karena banyak tujuan antara yang harus kita lewati dalam menempuh perjalanan ini .

 

 

 

 

 

 

About anangiskandar

sabar itu indah sabar itu tanpa batas sabar itu jimat menghadapi ujian dunia sabar itu mata hati dalam menjalani kehidupan
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s