KARTINI DAN HASTO BROTO

Hasto broto atau hasta brata adalah ajaran begawan kesowosidi kepada arjuna dan dapat dipakai oleh siapapun yg ingin jadi pemimpin , pada intinya kita diminta untuk belajar dan menerapkan 8 sifat alam semesta . Dan menemukan sendiri titik keseimbangan keberhasilannya dalam praktek kehidupan sehari hari . Apapun jenis kelamin kita , apapun profesi kita , siapapun diri kita , bagaimanapun kondisi kita .

Pemimpin , pria atau wanita , pemimpin negara atau pemimpim partai , pemimpin perusahaan atau pemimpin keluarga diharap menemukan dan menjalankan sifat ke 8 unsur alam semesta sebagai berikut :

1.KISMO ( bumi)
Kismo artinya bumi, seorang pemimpin harus murah hati, bagaikan bumi/ tanah , siapa orang yang mau mengolah dan menanaminya maka bumi/ tanah memberikan hasil panennya. Siapa yang bersemangat menanam , dialah yang akan memanen hasilnya

2.MARUTO ( angin)
Maruto artinya angin, seorang pemimpin harus entengan , peduli , harus tahu sampai jajaran yang paling bawah dan paling jauh (seperti angin berada di mana-mana) . Siapa yang mudah menolong orang lain tanpa pamrih , dialah yang menerima pahalanya .

3.SAMUDRO (laut / air)
Samudro artinya laut , seorang pemimpin harus legowo menampung apa saja. sifat laut airnya bening dan rata jika tidak kena tekanan atau ombak, seorang pemimpin harus bening dan lembut tutur katanya serta adil. Siapa yang bijaksana dalam menjalankan tugas , ia yang akan mendapatkan hikmahnya .

4.CONDRO (rembulan)
Condro artinya rembulan, seorang pemimpin harus mampu memberi penerang kepada yang kegelapan, memberi pintar kepada yang bodo, memberi penyejuk bagi yang kegerahan . Siapa diantara kita yang memberikan arah /berdakwah untuk membimbing umat , dialah yang diberi tongkat.

5.SURYO (matahari)
Suryo artinya matahari selalu menyinari laut, awan dan alam semesta sehingga tercipta keharmonisan alam, seorang pemimpin harus dermawan, senang memberi, sering menugaskan anak buahnya untuk pekerjaan yang ia sendiri menyukai. Siapa yang disiplin dan konsisten , dialah yang menerima reward .

6.AKOSO (angkasa/ langit)
Akoso/ angkasa artinya langit selalu melindungi seluruh jagat seisinya, seorang pemimpin harus mampu melindungi bawahannya dengan tak kecuali/ siapapun. Siapa yang memegang teguh keyakinan , dialah yang mudah sukses

7.DAHONO (api)
Dahono artinya api, seorang pemimpin harus berani mengambil resiko, jika ada anak buah yang salah tetap harus dihukum walaupun masih saudaranya. Siapa yang tidak KKN , dialah yang selamat, dan menemukan kebahagian

8.KARTIKO ( bintang/ lintang)
Kartiko artinya lintang, seorang pemimpin harus sehat jasmani dan rochani karena akan menjadi panutan anak buahnya. Seperti sifat lintang menjadi pedoman/ patokan. sepert zaman nenek moyang kita jika hendak berlayar, bertani dsb terlebih dahulu melihat lintang…Siapa yang bisa menjadi teladan , dialah yang memimpin .

Pertanyaannya adakah diantara kita yang bisa memahami hasta brata ini ?
Di jaman kapitalis seperti sekarang ini dan perbandingan pria dan wanita yang hampir sama , dimana uang sebagai komoditas utama dan kemewahan sebagai pakaian sehari hari , apakah diantara kita ada yang menjalani ?
Saya percaya , ada diantara kita yang memahami dan menjalani hasta brata ajaran begawan kesowosidi . Pada hakekatnya alam ini dihuni oleh pemimpin dan pecundang . Sadar atau tidak kita sudah terploting sebagi pemimpin atau pecundang

Masalahnya kita masuk yang mana ? Kalau masuk ke kedalam kelompok pemimpin ya tinggal memantapkan , kalau masuk kelompok pecundang ya tinggal hijrah dengan meninggalkan kebiasaan kebiasaan buruknya . Kepemimpinan model hasta brata tentu tidak dibentuk dan dibangun tapi diinspirasi oleh pemimpin diatasnya , dia muncul karena kebutuhan alam semesta

Itu sebabnya banyak diantara kita yang masih mengharapkan datangnya satria piningit yang akan menjadi pemimpin untuk mewujudkan negeri yang gemah ripah lohjinawi toto tentrem kerta raharja

Kartini dan emansipasinya

Di hari Kartini ini , saya ingin bertanya kemana gerangan arah emansipasi wanita indonesia. Bisa jadi kearah inner smart , membangun kalbu yang jernih , istikomah dan kesadaran untuk memusnahkan angkara murka . Kalau ini benar tentu akan melegakan , dan sudah banyak wanita indonesia yang menjadi peminpin sebut saja Megawati , Sri Mulyani , Ratu Atut , Nita Yudi dan masih banyak wanita wanita indonesia yang menjadi pemimpin .

Permasalahannya ada polikus lawan jenis yang iri , diam diam melancarkan pendapat bahwa pengabdian wanita kurang mantap dan cenderung masih setengah setengah . Meskipun demikian wanita indonesia tidak mau didikte terus memperjuangkan emansipasi dalam memperjuangkan hak haknya dalam berbangsa dan bernegara

Realitas wanita indonesia hari ini justru mengarah dan memburu kemegahan yang bersifat kebendaan , lebih senang mendewakan tubuh , kalau kita renungkan ini menyimpang dari risalah kenabian dalam kontek ajaran islam yang secara substantif adalah pembebasan , perubahan dan pencerahan bagaimana posisi wanita /kaum hawa disetarakan dengan kaum adam yang mempunyai hak dan kewajiban sama dihadapan Tuhan. Diskriminasi gender adalah pelanggaran terhadap hak azasi manusia.

Namun siapa yang bisa menyangkal dalam kondisi dunia yang sedang berubah di era sekarang ini pada akhirnya wanita mudah diarahkan , dibuat , dicetak , dikerdilkan sebagai hiasan penyejuk suasana , dan kembali ke peran semula sebagai konco wingking , teman sekasur , suargo nunut neroko katut.

Dan kenyataan ini masih mendominasi data statistik kita , coba hitung sendiri , berapa wanita indonesia yang tidak berdaya , entah karena miskin , hampir miskin , terkena HIV / AID , kecanduan narkoba , menghuni lembaga permasyarakatan , tidak tamat sekolah dasar atau buta hurup . Berjuanglah kartiniku , semangat .

About anangiskandar

sabar itu indah sabar itu tanpa batas sabar itu jimat menghadapi ujian dunia sabar itu mata hati dalam menjalani kehidupan
This entry was posted in Leadership. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s