Polisi ditantang Keringatan

cover depan Buku Pak Anang hitam copyAdalah judul buku yang bulan lalu di bedah dijambi , buku ini berisi tentang catatan-catatan saya tentang apa yang saya lakukan maupun peristiwa yang terjadi di Jambi selama, saya menjabat sebagai Kapolda Jambi.

Seperti komentar Pakar Kriminologi FISIP UI, Prof. Adrianus Meliala, buku sederhana ini memang bukan buku akademik. Ini lebih merupakan buku yang berangkat dari lapangan. Kesan jujur dan apa adanya kuat terlihat di buku ini. Namun demikian, pesan yang disampaikan sebenarnya akademis juga, “Polisi yang berhasil adalah polisi yang berkinerja. Untuk berkinerja Polisi harus berdaya upaya, alias keringatan,” komentarnya.
Sementara itu, Pakar Komunikasi Aqua Dipayana dalam ulasannya mengungkapkan, buku ini sangat koprehensif dan bagus sekali, sehingga perlu dibaca tidak hanya oleh anggota Polri, tetapi juga masyarakat luas, “Pembaca jadi makin memahami pekerjaan Polisi dan dapat menimbulkan empati pada penegak hukum ini. Dengan begitu semuanya mendukung keberadaan Polisi,”ungkap Aqua Dipayana.

Buku ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sehingga dapat memberikan motivasi dan pemikiran yang inovatif terhadap permasalahan yang terjadi . Selain itu, juga banyak memberikan wawasan yang sangat bermanfaat.
Brain Storming dan pencerahan bagi para pembaca.
Di dalam buku ini saya ingin mengungkapkan bahwa, keberhasilan sebuah institusi Polri dalam mewujudkan keinginannya untuk merubah budaya Polisi menjadi lebih baik dan bermartabat, tergantung kepada pemimpinnya. Karena kepemimpinan merupakan kunci suksesnya.

Unsur-unsur kepemimpinan yang mendapat penekanan diantaranya ; Keteladanan diantaranya kesederhanaan , tingkat kejujuran dan kepekaan terhadap lingkungan tugas.  Investasi sumberdaya manusia . Team building dan Keberhasilan pelaksanaan tugas. Keseimbangan dari keempat unsur harus diwujudkan sebagai upaya untuk mengantisipasi dinamika perkembangan dan tuntutan masyarakat dalam era demokrasi dan keterbukaan publik .

“Saking” ingin terbuka dan transparannya dalam mengelola anggaran, Saya menggelar bedah anggaran di salah satu hotel di Kota Jambi. Banyak pihak diundang untuk menjadi pengawas, seperti BPKP, LSM, Media Massa, Instansi Pemerintah dan DPRD. Tujuan adalah proses pembelajaran baik bagi anggota maupun bagi masyarakat.
Dengan adanya bedah anggaran, seluruh pihak jadi tahu apa-apa yang dikerjakan Polisi, sehingga semua bisa saling mengawasi.

Selanjutnya, membangun sistem untuk menumbuhkan keyakinan masyarakat pada Polri. Supaya Polisi bisa bersinergi dengan masyarakat dibentuk program yang bernama Focus Group Discussion (FGD). FGD ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya ; menemukan solusi, alternatif solusi, dan melahirkan ide solusi. Semua hasil diskusi akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, FGD juga sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dengan Polri, dan masyarakat dengan masyarakat. Efek akhirnya persoalan yang mengkristal di masyarakat bisa dipecahkan secara bersama-sama.

Masih ada sistem lagi yang saya unggulkan  yaitu Patroli Multi Sasaran (PMS). Target operasi terdiri dari beberapa tindak kriminal crime without victim, seperti narkoba, miras, judi, illegal logging, illegal mining, pupuk ilegal, BBM illegal, Senjata tajam (Sajam), Prostitusi dan berbagai kejahatan jalanan lainnya. Ini yang banyak menguras keringat .

Seluruh sistem yang dibetuk diakhiri dengan sistem kunci dan sebagai roh dari seluruh sistem, yakni analisa dan evaluasi (anev).
Kekuatan anev adalah serius dan konsisten. Inilah kekuatan Ledership , the power of consistency. Jika tidak konsisten dalam melaksanakan anev, bisa-bisa seluruh sistem yang telah terbentuk dan berjalan tidak jelas arahnya.

Dalam waktu yang cukup panjang , Polisi memiliki citra kurang baik di mata masyarakat. Banyak paradigma buruk yang melekat di benak masyarakat tentang kinerja Polisi. Mulai dari rekrutmen sampai pelaksanaan tugas. Untuk merubah pandangan buruk masyarakat terhadap Polisi dalam penerimaan Brigadir Polisi TA 2012 lalu, Polda Jambi menerapkan konsep Bersih, Transparan, Akuntable dan Humanis  secara apa adanya

Prinsip seleksi Brigadir Polisi ini mengusung cita-cita ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat akan tugas mulia Polisi. Intinya, ketika pada tahap awal Polisi diterima lewat jalur bersih, transparan, akuntable dan humanis, diharapkan setelah bertugas akan menjadi Polisi yang profesional, bermoral dan modern, dengan fungsi sebagai pelayan, pelindung, pengayom masyarakat serta penegak hukum. Pendapat masyarakat sangat bagus .

Tak ada gading yang tak retak. Tak ada manusia atau apapun yang sempurna di muka bumi ini. Selalu ada kekurangan. Manusia hanya bisa merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi, tetapi realisasi di lapangan tetap ditentukan oleh pelakunya.

Sekali lagi, menurut saya buku ini sangat layak untuk dibaca oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya anggota Polri, karena berdasarkan pengalaman pribadi saya sehingga diharapkan mampu memberikan motivasi dan pemikiran yang inovatif terhadap permasalahan yang dihadapi pembaca, dengan mengutamakan kesederhanaan, kejujuran dan apa adanya.(ais)

Note : Bagi  40 pembaca pertama yang ingin memiliki buku Catatan Kapolda jambi :  “POLISI  DITANTANG  KRINGATAN ”  Karya saya  dapat menyampaikan maksud nya di blog ini , dengan  menyebutkan nama dan alamat lengkap  , Insyaallah akan saya  kirim  secara compliment .

About anangiskandar

sabar itu indah sabar itu tanpa batas sabar itu jimat menghadapi ujian dunia sabar itu mata hati dalam menjalani kehidupan
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

19 Responses to Polisi ditantang Keringatan

  1. saryono says:

    Mohon Ijin Jenderal, terima kasih Jenderal telah mengirim ke email saya, perkenalkan saya Jenderal saya anggota polres Batanghari , Nama : BRIPKA SARYONO, Jabatan : PS. Paur Progar Bagren Polres Batanghari, Alamat : Polres Batanghari Jalan Gajah Mada Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi kode pos 36613.

  2. Riza Efriansyah says:

    Assalamualaikum pak Anang,

    Kalau bapak berkenan mengirimkan buku mhn dapat disampaikan ke alamat saya :

    PT. Indokemika Jayatama
    Wisma UIC, lt.3
    Jl. Gatot Subroto kav 6-7
    Jakarta Selatan.

    Buku tsb akan saya sharing juga ke rekan2 ktr saya.

    Wass,
    Riza

  3. Aryaguna Budhi Dharma says:

    Assalamualaikum,
    Selamat malam Pak Anang,senang sekali rasanya bisa langsung berinteraksi dengan bapak🙂
    Saya adalah salah satu yang sangat mengagumi sosok pak Anang,karena figur kesederhanaan dan kecerdasan dalam berkarya yang tampak dari pribadi bapak,terlebih ketika bapak menjadi kapolda jambi dengan program dan kerja nyatanya.🙂

    Sebelumnya,terima kasih karena bapak mau membagikan buku Catatan Kapolda jambi : ”POLISI DITANTANG KRINGATAN ”,dan jika berkenan,saya mohon agar bisa kiranya dikirimkan,dengan alamat;

    Aryaguna Budhi Dharma
    Jl. Orang Kayo Hitam No 36 Rt 15
    Kelurahan Budiman,Kec Jambi Timur. Kota Jambi

    Maaf pak anang sebelumnya,seandainya bapak tidak berkeberatan,senang sekali rasanya jikalau bapak bersedia membubuhkan tanda tangan dan sepatah dua patah kata pada buku yang akan dikiriimkan.🙂

    Terima kasih pak atas perhatian sebelum dan sesudahnya…

  4. Hartanto says:

    Ijin Jenderal, kalau berkenan saya berharap bisa memiliki buku tersebut. Salam sejahtera Bripka Hartanto, Ps. Paur Progar Bagren Polres Muaro Jambi, d/a Polres Muaro Jambi Jalan Lintas Timur Km. 32 Bukit Baling (36381) Kec. Sekernan Kab. Muaro Jambi

  5. sosok yang sangat menginspirasi.apabila bapak berkenan,saya juga ingin memiliki Buku catatan Kapolda Jambi “POLISI DITANTANG KERINGATAN”.yang tentunya setelah saya membacanya akan saya sharing kepada teman didaerah saya.
    ini alamat saya pak,a/n Rossana Hutari.Trowangsan RT 02 RW 14 Malangjiwan,Colomadu,Karanganyar,Jawa Tengah.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak kepada bapak yang telah bersedia membagikan buku ini.
    Semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT dalam mengemban tugas Mulia.

  6. Florentina E.W says:

    Setelah saya membaca blog ini saya merasa buku ini sangat menginspirasi khususnya bagi kaum muda yang membutuhkan pencerahan seperti saya. kalau berkenan saya berharap bisa memiliki buku tersebut. Florentina E.W, Seksi Dayamas BNN kab Batang dg Alamat : Kantor BNN kab Batang Jl. A. Yani No. 153, Batang, Jawa Tengah. terimakasih.

  7. fatah meilana says:

    Assalamualaikum,
    Mohon ijin Komandan dengan segala hormat, berkenan kiranya dari Komandan
    harapan saya untuk bisa memiliki buku tersebut,Ipda Fatah Meilana,Sik
    Polres Jayapura Jalan Yowanibi Doyo Baru Waibu Sentani. Terima Kasih
    Wassalamualaikum,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s