Menyelamatkan Korban Penyalah guna Narkoba..Mari Kita Wujudkan

Capture ini saya foto dari harian umum sinar pagi tgl 1 Juli hari ini...

Capture ini saya foto dari harian umum sinar pagi tgl 1 Juli hari ini…

SAUDARA-SAUDARA PADA HARI YANG SANGAT PENTING INI SAYA INGIN MENGAJAK SAUDARA UNTUK BERSAMA-SAMA MENYAMAKAN PERSEPSI DAN PEMAHAMAN ATAS DUA HAL YANG PENTING.

HAL PENTING PERTAMA ADALAH MENYANGKUT CARA PANDANG ATAU MINDSET ATAU ESTATE OF MIND TERHADAP URUSAN NARKOBA INI, INI PENTING.

SEDANGKAN YANG KEDUA YANG SUDAH KITA BICARAKAN, TETAPI SAYA HARUS MENGINGATKAN KEMBALI ADALAH BAGAIMANA KITA SEMUA MENJALANKAN TUGAS, SIAPA BERBUAT APA.

MARI KITA MULAI DARI YANG PERTAMA MENYANGKUT CARA PANDANG. SAYA MELIHAT BAHWA MASYARAKAT KURANG BISA MEMBEDAKAN MANA SAUDARA-SAUDARA KITA, ANAK-ANAK KITA YANG TERGOLONG SEBAGAI KORBAN SEBAGAI VICTIM, DAN YANG KEDUA, SIAPA-SIAPA YANG BOLEH DIKATAKAN SEBAGAI PENJAHAT YANG MELAKUKAN KEJAHATAN DI BIDANG NARKOBA INI.

KALAU TIDAK KITA PAHAMI, SOLUSINYA MENJADI KELIRU. BANYAK DIANTARA WARGA NEGARA KITA, TERMASUK ANAK-ANAK KITA GENERASI MUDA KITA YANG BENAR-BENAR MENJADI KORBAN, VICTIMS, TIDAK ADA NIAT KEJAHATAN DAN TIDAK ADA KEGIATAN KEJAHATAN YANG MEREKA

LAKUKAN TETAPI DIA MASUK DALAM LINGKARAN ITU, PENGGUNA, YA SINGKATNYA MENJADI KORBAN.

TERHADAP MEREKA ITU, TERAPINYA, SOLUSINYA ADALAH DIOBATI DISEMBUHKAN DIREHABILITASI DIBIMBING KEMBALI KEDALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT AGAR DIA PUNYA MASA DEPAN.

INI HARUS SAMA KUATNYA DENGAN UPAYA PENEGAKAN HUKUM. UPAYA MEMBONGKAR MENJARING MENJERAT PELAKU KEJAHATAN NARKOBA.

OLEH KARENA ITU SAYA SENANG TADI, IKUT BERSYUKUR MEMBERIKAN TANDA PENGHARGAAN BAGI SAUDARA-SAUDARA KITA YANG DENGAN NIAT YANG BAIK, BENAR-BENAR IKUT MELAKSANAKAN REHABILITASI DALAM ARTI YANG LUAS.

ANAK-ANAK KITA GENERASI MUDA KITA YANG MENJADI KORBAN NARKOBA INI SUDAH KEHILANGAN MASA LALU DAN MASA KININYA. JANGAN SAMPAI MEREKA KEHILANGAN MASA DEPANNYA.

CARANYA BIMBING KEMBALI. SOLUSINYA BUKAN LAPAS TAPI PUSAT-PUSAT REHABILITASI. KONSEPNYA BUKAN DIHUKUM TAPI DISELAMATKAN.

DENGAN DEMIKIAN SEKALI LAGI JUSTRU DI LINGKUNGAN ITU TERJADI PERTOBATAN, KESADARAN, DAN INSYALLAH KEMBALI KE KEHIDUPAN YANG BENAR.

KALAU KONSEPNYA DIHUKUM, DIPENJARAKAN, BISA JADI KELUAR DARI LINGKUNGAN KEHIDUPAN YANG BAIK KEBAWA KE WILAYAH YANG GELAP ITU.

INI SAYA MENGAJAK SELURUH RAKYAT INDONESIA, TERMASUK JAJARAN PEMERINTAHAN PUSAT DAN DAERAH.

PUSAT, PROPINSI, KABUPATEN DAN KOTA MEMILIKI CARA PANDANG DAN PEMAHAMAN YANG SAMA. DIFFERENT CONCEPT, DIFFERENT TREATMENT, BEDA HAKIKATNYA BEDA.

OLEH KARENA ITULAH MARILAH KITA TEMPUH SOLUSI YANG BERBEDA PULA.

SEDANGKAN YANG KEDUA SIAPAPUN YANG TERLIBAT DALAM KEJAHATAN NARKOBA, HUKUM HARUS DITEGAKKAN TIDAK BOLEH DIBIARKAN JARINGANNYA BERKEMBANG DIMANA-DIMANA, DI NEGERI KITA, DI KAWASAN ASIA BAHKAN DI SELURUH DUNIA. ITU HAL PENTING YANG INGIN SAYA SAMPAIKAN PADA HARI YANG BERSEJARAH INI.

HAL PENTING YANG KEDUA SAYA KATAKAN TADI SIAPA BERBUAT APA. KALAU KITA PUNYA SPECTRUM., SIAPA BERBUAT APA TADI, YANG PALING

AWAL, YANG PALING DEKAT, YANG PALING BERTANGGUNGJAWAB ADALAH KELUARGA, RUMAHTANGGA, DARI SITU DULU.

SULIT DIMENGERTI DAN MENURUT SAYA KURANG BERTANGGUNGJAWAB MANAKALA ADA SATU KELUARGA, SEBUTLAH AYAH, IBU, ANAK. HIDUP BERTAHUN-TAHUN DALAM SATU RUMAH TIDAK TAHU BAHWA ENTAH PUTRANYA ENTAH PUTRINYA TERLIBAT DALAM KEJAHATAN NARKOBA.

BAGAIMANAPUN SULIT DITERIMA AKAL SEHAT, MANAKALA SEMUA KELUARGA SALING PEDULI, SALING BERBAGI, SALING SAYANG MENYAYANGI.

DISITU AWAL DARI DIMENSI PENCEGAHAN. DISITU AWAL DARI UPAYA PENYELAMATAN.

JADI MARI KITA KEMBALI KE KELUARGA ATAU RUMAH TANGGA SEBAGAI BASIS. TENTU SETELAH ITU DI SEKOLAH, DI TEMPAT BEKERJA, DI MASYARAKAT LUAS, DAN SEBAGAINYA. SAMPAI PADA TINGKAT NASIONAL KITA PERLU BUILDING BLOCKS, KITA PERLU STRATEGI DAN KEBIJAKAN, KITA PERLU KOORDINASI, DAN SEMUA LANGKAH-LANGKLAH TERPADU, DAN INPRES YANG SAYA KELUARKAN PADA TAHUN 2011 YANG LALU MENGATUR TENTANG ITU SEMUA.

TINGGALAH TENTUNYA APA YANG MUSTI DILAKUKAN SECARA INTERNASIONAL. ASIA SENDIRI KITA TAHU ADA MOBILITAS YANG LUAR BIASA DARI PERDAGANGAN GELAP NARKOBA INI, DARI NEGARA KE NEGARA, MACAM-MACAM METODOLOGINYA, TRANSPORTASINYA, CARA- CARANYA. TENTU BNN DAN PENEGAK HUKUM KITA HARUS LEBIH CANGGIH.

KALAU MEREKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MODERN KITA HARUS LEBIH MODERN LAGI TEKNOLOGI YANG KITA GUNAKAN, DAN TENTUNYA BANYAK LAGI YANG MUSTI DILAKUKAN SECARA BERSAMA.

TAPI SEKALI LAGI KERJA SAMA INTERNASIONAL PENTING SANGAT PENTING TETAPI AWALNYA BERANGKAT DARI KELUARGA DARI RUMAH TANGGA.

MARILAH KITA SEMUA DI RUANGAN INI MENGAJAK YANG LAIN PEDULI, SALING SAYANG MENYAYANGI, SALING BERBAGI, SAMPAI MEMASTIKAN BAHWA ANGGOTA KELUARGA INI BISA TERHINDAR DARI KEJAHATAN NARKOBA INI.

SAUDARA-SAUDARA INDONESIA NEGERI YANG KITA CINTAI INI TERUS MEMBANGUN DIRI. KITA TENGAH MELAKSANAKAN TRANSFORMASI BESAR UNTUK JANGKA WAKTU 20, 30, 40, 50 TAHUN MENDATANG, DAN KITA SEPAKAT PADA TAHUN 2030 MISALNYA KITA INGIN MENJADI EMERGING ECONOMY.

KITA INGIN INDONESIA 2045 SERATUS TAHUN SETELAH MERDEKA, KITA INGIN MENJADI NEGARA YANG EKONOMINYA KUAT DAN MAKIN BERKEADILAN, DEMOKRASINYA MATANG DAN STABIL, PERADABAN KEHIDUPAN MASYARAKATNYA MAKIN MAJU DAN UNGGUL.

SEDANGKAN DI ABAD 21, DENGAN IJIN ALLAH, DENGAN KERJA KERAS KITA MUDAH-MUDAHAN KITA MENJADI NEGARA YANG MAJU.

KITA PUNYA YANG DISEBUT DEMOGRAPHIC DEVIDEN. KARENA DARI 245 JUTA RAKYAT KITA YANG TERGOLONG USIA PRODUKTIF ITU BESAR. INILAH MODAL YANG LUAR BIASA HUMAN CAPITAL APABILA DISATUKAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM, NATURAL CAPITAL, TEKNOLOGI, MOMENTUM KEBANGKITAN BANGSA, STRATEGI DAN KEBIJAKAN YANG TEPAT, MAKA PULUHAN JUTA ATAU RATUSAN JUTA NANTINYA WARGA NEGARA YANG SANGAT PRODUKTIF ITU AKAN BISA MENGANGKAT PEREKONOMIAN KITA.

DIANGKATNYA EKONOMI BERARTI DIANGKATNYA KESEJAHTERAAN RAKYAT. TAPI DENGAN CATATAN, MEREKA AKAN MENJADI THE REAL HUMAN CAPITAL MANAKALA GENERASI YANG PRODUKTIF INI SEHAT. SEHAT JASMANI SEHAT ROHANI. MANAKALA MEREKA CERDAS MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI, DAN MANAKALA MEREKA DAPAT KITA BEBASKAN DARI NARKOBA.

ADA MATA RANTAI YANG REAL URUSAN NARKOBA INI DENGAN MASA DEPAN BANGSA KITA. DAN HAKIKATNYA SAYA KIRA JUGA BERLAKU BAGI BANGSA-BANGSA LAIN, NEGARA-NEGARA LAIN, YANG INGIN MEMBANGUN MASA DEPANNYA YANG LEBIH BAIK, FAKTOR MANUSIA SANGAT-SANGAT MENENTUKAN.

TULISAN INI ADALAH PENGGALAN DARI SAMBUTAN PRESIDEN RI PADA PUNCAK PERINGATAN HANI 2013, TGL 24 JUNI 2013 LALU

About anangiskandar

sabar itu indah sabar itu tanpa batas sabar itu jimat menghadapi ujian dunia sabar itu mata hati dalam menjalani kehidupan
Image | This entry was posted in Hukum, Inspirasi, Kepolisian, Narkoba, Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Menyelamatkan Korban Penyalah guna Narkoba..Mari Kita Wujudkan

  1. Maulina says:

    semangat pagi bpk..senang membaca tulisan bpk,sangat setuju sekali keluarga sebagai basic pencegahan, perlunya edukasi kpd wanita “ibu” baik itu working mom maupun full time mom tentang bahaya narkoba, bgmn memberdayakan keluarga khususnya wanita (ibu) melalui perkataan&tindakannny dlm mendidik putra-putri mereka. konflik keluarga di indonesia yang kian meningkat, bkn tdk mgkn anak mjd korban dn mencari pelarian jika si ibu tdk waspada tdk fight. bgmn nasib calon2 generasi muda bangsa kita ? kegiatan kbykan berfokus pd kantor,sekolah,dan tokoh masyarakat..bgmn jika ditambah edukasi kpd ibu&kel, byk yg buta akan Narkoba,mrk yg tdk bs mengakses informasi&gadget,perlunya dijangkau utk edukasi. sangat bahagia sekali jika kaum saya sendiri pd akhirnya mampu berkembang&memahami hal tsb utk mempersiapkan calon generasi muda dimasa yg akan datang.

    salam dr Tepian City, Tanah Merah, Kaltim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s