TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PENYELAMATAN PENGGUNA NARKOBA

SAAT INI KITA DIHADAPKAN PADA PERMASALAHAN NARKOBA YANG SUDAH SANGAT MENGHAWATIRKAN, DIMANA TERDAPAT 4 JUTA  ORANG LEBIH YANG SUDAH TERLANJUR MENGKONSUMSI NARKOBA, DITAMBAH LAGI DENGAN NARKOBA  ILEGAL BAIK SINTETIS, ALAMI, MAUPUN NARKOBA JENIS BARU YANG BEREDAR LUAS DI MASYARAKAT. HAL INI HARUS MENDAPAT PERHATIAN SERIUS DARI KITA SEMUA APABILA KITA TIDAK INGIN GENERASI BANGSA INI HANCUR KARENA NARKOBA.Be4M--JCQAAPoAI

KITA MENYADARI, SEGALA UPAYA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH NARKOBA DI INDONESIA SUDAH BANYAK DILAKUKAN TERUTAMA OLEH PARA PENEGAK HUKUM, NAMUN SAMPAI SAAT INI PENGGUNA NARKOBA BELUM BERKURANG BAHKAN CENDERUNG BERTAMBAH. SALAH SATU HAL YANG MENYEBABKAN PERMASALAHAN TERSEBUT BELUM DAPAT DISELESAIKAN ADALAH PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNA NARKOBA YANG MASIH DI CAP SEBAGAI PELAKU KEJAHATAN, SAMPAH MASYARAKAT, DAN BERBAGAI STIGMA LAINNYA SEHINGGA MEREKA DIHUKUM PENJARA.

DAMPAK DARI PANDANGAN MASYARAKAT INI MENGAKIBATKAN PERMASALAHAN NARKOBA TIDAK KUNJUNG SELESAI, BAHKAN TIMBUL MASALAH LAINNYA SEPERTI BEBAN LAPAS MENJADI OVER, LAPAS MENJADI TEMPAT TANDA KUTIP AMAN BAGI PENGGUNA NARKOBA DAN MUNCULNYA KEJAHATAN LAIN YANG DIAKIBATKAN OLEH PENGGUNAAN NARKOBA DI DALAM LAPAS.

DISISI LAIN PENGGUNA NARKOBA MEMILIKI SIFAT KEKHUSUSAN DENGAN TINGKAT RELAPS ATAU KAMBUH YANG TINGGI, MEREKA TIDAK DAPAT PULIH DENGAN SENDIRINYA. HAL TERSEBUT SERING TIDAK DIPAHAMI OLEH MASYARAKAT SEHINGGA MUNCUL SIKAP ATAU PANDANGAN YANG BERBEDA DARI MASYARAKAT DAN APARAT PENEGAK HUKUM DALAM MENYIKAPI PARA PENGGUNA NARKOBA.

PANDANGAN TERSEBUT BERAKIBAT PADA TIMBULNYA SUDUT PANDANG YANG BERBEDA PULA, DISATU SISI MENGUTAMAKAN UPAYA PENEGAKAN HUKUM KEPADA PENGGUNA NARKOBA AGAR MENDAPATKAN EFEK JERA, SEDANGKAN DISISI LAIN MENGINGINKAN REHABILITASI UNTUK MENGURANGI PASAR, YANG DIASUMSIKAN AKAN BERPENGARUH PADA TURUNNYA PERMINTAAN NARKOBA.

HAL INI PERLU MENDAPATKAN PERHATIAN KITA SEMUA, AGAR KITA DAPAT MENYAMAKAN PERSEPSI TERHADAP BAGAIMANA SEHARUSUNYA MEMANDANG DAN MENANGANI PENGGUNA NARKOBA. MEREKA ITU SUDAH KEHILANGAN MASA LALU DAN MASA KININYA, JANGAN SAMPAI MEREKA KEHILANGAN MASA DEPANNYA.

MAKNA DARI PENYELAMATAN PENGGUNA NARKOBA BUKAN HANYA SEKEDAR JARGON SEMATA, NAMUN HAL INI ADALAH BENTUK KOMITMEN KITA BERSAMA UNTUK MENYELAMATKAN PENGGUNA NARKOBA YANG SAAT INI MASIH BERSEMBUNYI, KITA HARUS MENDORONG DAN MEYAKINKAN MEREKA, KELUARGANYA UNTUK MELAPORKAN DIRI SECARA SUKARELA KEPADA INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR (IPWL) AGAR MEMPEROLEH PERAWATAN ATAU REHABILITASI SEHINGGA DAPAT MENYONGSONG MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK DAN TIDAK KAMBUH KEMBALI.

MAKNA PENYELAMATAN INI JUGA DITUJUKAN KEPADA APARAT PENEGAK HUKUM DALAM RANGKA MENANGANI PENGGUNA NARKOBA UNTUK SENANTIASA BERORIENTASI KEPADA PENGHUKUMAN REHABLITASI (MAATREGEL) TERHADAP PENGGUNA NARKOBA DEMI MENYELAMATKAN MASA DEPAN MEREKA. HAL TERSEBUT SESUAI DENGAN TUJUAN UNDANG – UNDANG NARKOTIKA NOMOR 35 TAHUN 2009 YANG HARUS KITA PATUHI DAN KITA APLIKASIKAN BERSAMA.

About anangiskandar

sabar itu indah sabar itu tanpa batas sabar itu jimat menghadapi ujian dunia sabar itu mata hati dalam menjalani kehidupan
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to TAHUN 2014 SEBAGAI TAHUN PENYELAMATAN PENGGUNA NARKOBA

  1. Terima kasih Jenderal atas kiriman artikelnya dan kami akan muat pada Rastra edisi Maret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s